Komponen Button - Aplikasi Dice Roller

Komponen Button - Aplikasi Dice Roller

Moh. Ilham Fakhri Zamzami 
5025201275 
Kelas PPB B

Membuat Aplikasi Dice Roller

Pada pertemuan minggu ke-4 mata kuliah Pemrograman Perangkat Bergerak, kita membahas tentang Komponen Button. Langkah awal pembuatan aplikasi tentunya membuat proyek menggunakan activity kosong. Setelah itu mengisi kolom Name dengan Dice Roller, memilih level API minimum 24 (Nougat), kemudian mengklik tombol Finish. Selanjutnya, melakukan import Resource Drawable yang terdiri dari enam gambar dadu yang akan digunakan untuk menampilkan hasil roll dadu.


Langkah berikutnya adalah memodifikasi file MainActivity.kt dan strings.xml sebagai berikut:


Fungsi DiceWithButtonAndImage adalah fungsi composable yang menerima parameter modifier untuk mengatur tampilan komponen. Fungsi ini memiliki variabel result yang menggunakan remember dari mutableIntStateOf(1) sehingga dapat diubah dan memicu rekalkulasi Composable hanya pada bagian yang terpengaruh. Variabel imageResource menentukan sumber gambar berdasarkan nilai result menggunakan ekspresi when.

UI dalam fungsi ini terdiri dari dua bagian utama yang ditata secara vertikal menggunakan Column. Pertama, ada komponen Image yang menampilkan gambar dadu berdasarkan imageResource. Di bawahnya, ada tombol Button dengan teks Roll yang ketika ditekan, akan mengacak nilai result antara 1 hingga 6 dan memperbarui gambar dadu.

File strings.xml menyimpan semua string yang digunakan dalam aplikasi, memudahkan pengelolaan dan penerjemahan teks. Terdapat tiga string yang didefinisikan dengan tag <string>. Dengan strings.xml, kita dapat merujuk string secara terpusat dan mudah mengubah atau menerjemahkannya tanpa menyunting kode sumber aplikasi.

Terakhir, aplikasi dapat dijalankan. Berikut adalah tampilan aplikasi pada menu preview.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan Aplikasi Bakery Shop - Sibabe

Evaluasi Akhir Semester - PPB - B

Activity dan Intent - Dessert Clicker